nusakini.com--Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Jumat (17/8), memimpin Apel Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 keluarga besar Kementerian ESDM.

Dalam amanatnya, Menteri ESDM mengingatkan bahwa saat ini bukan lagi saat berjuang dengan berperang, tapi berjuang untuk mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jonan juga mengatakan, jika mengerjakan sesuatu pekerjaan haruslah dilakukan dengan cepat karena diera kompetisi ini kerja cepat akan mengalahkan kerja yang lambat. 

"Tugas kita saat ini sudah tidak memperjuangkan kemerdekaan, tetapi tugas kita adalah mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya," ujar Jonan mengawali amanatnya. 

Ditambahkannya, sebagai bangsa yang merdeka dan besar kita harus percaya dengan kekuatan diri sendiri sebagaimana pesan proklamator. "Kita adalah bangsa yang besar, populasi kita adalah nomor empat di dunia, setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat. Luasan daratan dan lautan kita juga salah satu yang terbesar di dunia dan sumber daya alam yang kita miliki, baik sumber daya hayati dan yang lain itu salah satu yang terlengkap di dunia," lanjut Jonan. 

Dengan kelebihan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa tersebut, jika tidak bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka kita tidak bisa berkembang dengan cepat seperti bangsa-bangsa lain. 

"Sekarang bukan lagi zamannya yang besar mengalahkan yang kecil, tapi yang cepat itu mengalahkan yang lambat," tegas Jonan. 

Kementerian ESDM ungkap Jonan, adalah salah satu Kementerian yang mengemban amanat Pasal 33, Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mengelola sumber daya alam dengan semaksimal mungkin digunakan untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Untuk itu, putera-puteri terbaik bangsa hendaknya dapat mewujudkan amanat tersebut dengan baik.  

"Saya sangat mendorong sumber daya alam kita semaksimal mungkin dikelola putera dan puteri terbaik bangsa, namun bukan dengan semangat yang emosional, tidak dengan semangat yang tanpa dasar," pungkasnya. (p/ab)